1. DIGITALISASI PELAYANAN BANTUAN SOSIAL PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN TEGAL, Afafa Hilmi (23283002), Anindhita Kurnia Sari (23281031), Aries Setyani Wahyu Prasetyawati, S.P.,M.M. (NIDN 0622087701)
Digitalisasi pelayanan bansos merupakan langkah inovatif dalam meningkatkan
efisiensi dan aksesibilitas distribusi bantuan sosial. Penelitian ini
mendokumentasikan dampak penggunaan teknologi digital dalam Dinas Sosial
(Dinsos) untuk mempercepat proses penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat
yang membutuhkan.
Metode penelitian melibatkan survei terhadap peserta bansos, wawancara dengan
petugas Dinsos, dan analisis data implementasi sistem digital. Hasil menunjukkan
bahwa penggunaan platform digital mengurangi birokrasi, meminimalkan risiko
kebocoran data, dan meningkatkan transparansi dalam pelaksanaan program bansos.
Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul, seperti
kurangnya akses teknologi di beberapa wilayah. Oleh karena itu, disarankan untuk
mengembangkan strategi inklusif agar manfaat digitalisasi dapat dirasakan secara
merata oleh seluruh lapisan masyarakat.
Dengan memahami manfaat dan kendala digitalisasi pelayanan bantuan sosial,
Dinas sosial dan instansi terkait dapat terus memperbaiki sistem untuk memastikan
efektivitas dan kesetaraan dalam penyaluran bantuan sosial di era digital.
Diterbitkan Tanggal 4 Januari 2024
Bisa dilihat di https://drive.google.com/file/d/1yrcurUSpCbY1-b-1gKaH96sCyAdSAvZ6/view?usp=sharing
2. PELAYANAN DIGITAL MASYARAKAT DESA BOJONG KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES, Hamilatus Sa’adah (23283010), Pipit Apriliyani (23283021), Riyanto, S.T.,M.Eng (NIDN 0604017801)
Pertanyaan utama penelitian yang merupakan rumusan permasalahan pada
penelitian ini adalah Bagaimana kualitas pelayanan KTP, KK, dan Akta Kelahiran
yang diberikan oleh Pemerintah Desa Bojong Kecamatan Jatibarang Kabupaten
Brebes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelayanan yang diberikan
oleh Desa Bojong Jatibarang dalam hal administrasi kependudukan adalah berupa
rekomendasi dari desa untuk dapat diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil (Disdukcapil) melalui Kantor kecamatan Jatibarang. Namun pelayanan yang
tidak resmi lainnya adalah adanya masyarakat yang meminta pengurusan sampai
selesai atas KTP, KK, dan Akta Kelahiran yang berimplikasi kepada biaya
tambahan seperti biaya percepatan pembuatan KTP, KK, dan Akta Kelahiran serta
biaya tak terduga lainnya. Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh
Pemerintah Desa Bojong Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes khususnya
dalam pemberian dokumen surat pengantar pembuatan atau pencetakan Kartu
Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran sudah maksimal
dalam hal ketepatan waktu, tidak dipungut biaya kecuali pembayaran keinginan
percepatan jadinya sebuah KTP, KK, dan Akta Kelahiran tersebut. Dengan
demikian artinya kualitas pelayanan publik di kantor Desa Bojong sudah bisa
memuaskan masyarakat.
Diterbitkan Tanggal : 7 Januari 2024
Bisa dilihat di https://drive.google.com/file/d/1kn03DvFksp9uk7up6O3XKVYwEBmPGb2M/view?usp=sharing
3. SISTEM PEMESANAN KAMAR DI PETRA HOTEL KOTA TEGAL, REVANI APRILIA (NIM 23283030), JAKA SUBRATA, S.Si, M.Eng (NIDN 0631017802)
Dengan adanya perkembangan industri pariwisata yang saat ini mulai berkembang dikota Tegal, dapat disorot bahwa dengan adanya pertumbuhan ini, peminatan akan akomodasi seperti hotel juga saat ini mulai meningkat, terutama pada saat libur Panjang. Penting untuk kita pahami bahwa dalam era teknologi informasi saat ini, pergeseran perilaku konsumen akan terjadi dimana banyak orang cenderung melakukan pemesanan hotel dengan melalukan pemesanan pada system pemesanan online. Oleh karena itu, dengan keberadaan system pemesanan melalui online yang efisien di Petra Hotel akan menjadi relevan dalam mengikuti tren ini dan dengan dilakukannya sistem pemesanan kamar secara online akan dapat meningkatkan daya saing yang cukup tinggi.Selain itu,aspek historis dan budaya Kota Tegal juga dapat di intergrasikan kedalamnya, hal ini juga dapat menyoroti potensi pariwisata lokal yang dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi. Di samping itu juga mencangkup beberapa studi kasus tentang adanya keberhasilan sistem serupa dihotel-hotel lainnya yang dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang manfaat yang dapat diharapkan dari implementasi sistem pemesanan kamar pada hotel. Dengan adanya sistem pemesanan kamar yang efektif tidak hanya dapat mempermudah pelanggan dalam membooking atau memesan kamar tersebut, melainkan juga dapat untuk mempermudah dalam meningkatkan efisiensi dan pemantauan inventaris kamar serta dapat melihat analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dengan menggunakan suatu sistem. Hotel adalah suatu tempat yang menyediakan akoomodasi atau tempat untuk menginap bagi para tamu yang dating dari luar kota atau luar negeri. Hotel biasanya memiliki berbagai jenis kamar yang dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur, kamar mandi, televisi,telepon,serta akses internet. Selain itu, hotel juga menyediakan layanan tambahan seperti restoran,ba,kolam renang,pusat kebugaran,spa,serta ada nya ruang untuk pertemuan untuk keperluan wedding atau bisnis. Hotel juga memiliki berbagai klasifikasi berdasarkan tingkat fasilitas dan layanan yang disediakan, seperti hotel bintang,hotel butik,hotel resor dan hotel budget. Pemasaran Hotel adalah suatu ilmu yang bertujuan untuk menyenangkan para tamu yang menginap di hotel tersebut dan dari kegiatan itu hotel akan memperoleh keuntungan dari pelanggannya. ( Yoeti 10 : 2001). Pemesanan Hotel Pemesanan Hotel adalah suatu proses dimana calontamu atau pelanggan melakukan reservasi atau memesan kamar di hotel untuk tanggal dan durasi tertentu. Proses ini dapat dilakukan dengan melalui berbagai cara seperti memesan kamar dengan menggunakan telepon, memesan secara langsung, ataupunmemesan dengan melalui aplikasi yang digunakan oleh pihak hotel tersebut. Pembayaran Hotel Pembayaran Hotel adalah proses dimana tamu akan membayar biaya akoomodasi dan layanan yang sudah mereka gunakan selama menginap di hotel tersebut. Ada beberapa metode pembayaran yang digunakan oleh pihak hotel seperti: Pembayaran Tunai : Tamu dapat melakukan pembayaran secara langsung dengan menggunakan uang tunai pada saat check in atau check out. Pihak hotel biasanya menerima mata uang local dan menerima beberapamatra uang asing yang bersifat umum.Pembayarran Kartu kredit/debit : Metode pembayaran yang paling umum di hotel adalah dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Tamu dapat memberikan informasi kartu kredit atau debit mereka pada saat check in, dan hotel akan mengotorisasikan pembayaran atau menahan sejumlah dana sebagai jaminan. Pembayarahn akhir akan dilakukan pada saat check out dan hotel akan mengenakan biaya pada kartu yang terdaftar. Pembayaran Transfer Bank : Beberapa hotel akan menerima pembayaran melalui transfer bank. Tamu dapat mentrasfer dana secara langsung ke rekening hotel sebelum atau setelah menginap. Inforasi rekening bank hotel biasanya diberikan oleh hotel pada saat pemesanan atau check in kamar hotel. Pembayaran Elektronik : Dalam era digital, beberapa hotel juga akan menerima pembayaran melalui aplikasiupembayaran elektronik atau pembayaran digital. Tamu dapat menggunakan aplikasi seperti qris,paypal,dana,ovo,Alipay sebagai metode pembayaran. 2.5. Aplikasi yang digunakan Pihak Hotel Pada Petra Hotel kota Tegal aplikasi yang telah mereka gunakan untuk memesan atrau membooking kamar adalah aplikasi seperti Traveloka dan Tiket.com untuk melakukan pemesanan kamar secara online melalui aplikasi.
Diterbitkan Tanggal 30 Desember 2023
Bisa Dilihat di https://docs.google.com/document/d/1EKmaRxBscx0Inj14SBDJzE2aBaLbVX5a/edit?usp=sharing&ouid=112112238630702989827&rtpof=true&sd=true