Buka Pintu Menuju Karir Yang Penuh Potensi Dan Peluang Dengan Belajar Web

Buka Pintu Menuju Karir Yang Penuh Potensi Dan Peluang Dengan Belajar Web

Tegal , 4 Juni 2023. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknologi Digital  (UTD) telah melakukan kegiatan Pelatihan Pemrograman Website di Kampus yang diikuti 43 peserta, yaitu mahasiswa UTD, mahasiswa luar dan masyarakat umum . Tema yang disajikan adalah “Buka Pintu Menuju Karir Yang Penuh Potensi Dan Peluang Dengan Belajar Web”. Materi yang disampaikan merupakan hal-hal yang terkait Pengenalan dan Pembuatan Website Dengan Menggunakan HTML. Materinya secara garis besar membahas tentang pengertian, cara Penggunaan dan cara pembuatan website dengan menggunakan HTML dalam pembuatan blog pribadi ataupun dalam dunia kerja. Sebagai narasumber 1 pelatihan ibu Aries Setyani Wahyu Prasetyowati , S.P., M.M. dan narasumber 2 Muhaemin Nurhidayat mahasiswa semester 2 jurusan Manajemen Informatika UTD PSDKU Tegal.

Kegiatan Pelatihan  ini juga dihadiri oleh Bapak Jarot Rudi Hartato S.Pd sebagai Pembina Mahasiswa dan Bapak Iman Mubarok, S.Kom,  selaku dosen pembimbing Universitas Teknologi Digital . Dengan sambutan dari Bapak Jarot Rudi Hartato S.Pd berpesan agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi peserta . dan juga selain belajar teori peserta juga mendapatkan ilmu tentang pembuatan website menggunakan HTML yang bisa sebagai bekal untuk lebih baik kedepannya, khususnya siap terjun dalam dunia industry (kerja)  nanti. Bapak Iman Mubarok, S.Kom. selaku dosen pembimbing Pelatihan yaitu juga memberikan arahan khususnya kepada peserta yang melakukan Pelatihan agar bisa berkesinambungan kontribusi dalam peningkatan SDM yang berkualitas dan professional dengan cara humanis dan religius karena hal itu merupakan Misi Universitas Teknologi Digital dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini diadakan karena ingin memberikan pengalaman dan informasi terkait dengan pembuatan website sederhana menggunakan HTML yang tidak membutuhkan pengalaman mengenai bahasa pemrograman web kepada Peserta yang ketika lulus dari jenjang pendidikan nya yang siap terjun langsung sebagai pengusaha maupun karyawan industri, pengalaman dan informasi mengenai pembuatan website sederhana dengan perantara HTML ini akan berguna bagi Peserta sebagai bekal nanti ketika terjun ke dunia industri (kerja) . Acara berjalan dengan baik dan interaktif . Dimana pada setiap sesi materinya diberikan pemaparan melalui presentasi Power Point yang ditampilkan melalui proyektor . Dan untuk pelatihan kita dari pagi hingga siang, terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pengenalan dan sesi pelatihan. Pada sesi pertama, kita lakukan pengenalan dasar mengenai bahasa pemrograman web dan pembuatan dan manfaat website sederhana menggunakan HTML yang tidak membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman.

 

Pada sesi kedua , kita langsung lakukan pelatihan atau praktek oleh peserta dengan system individu dan didampingi oleh narasumber  kepada peserta yang mengalami masalah dalam praktek tersebut. Pada sesi ini semua peserta mempraktikan mulai dari awal pembuatan akun HTML hingga mengkonfigurasikan elemen-elemen pada website diantaranya:

1. Membuat akun HTML untuk pembuatan website
2. Mengatur desain atau tampilan website yang akan di buat.
3. Menambahkan isi yang ingin di bahas pada website yang para siswa ingin bahas.
4. Menambahkan beberapa elemen pada website seperti kolom komentar.
5. Mengatur Domain HTTPS pada website yang di buat.
5. Mempublikasikan website yang telah di buat oleh para peserta.

Pada akhir sesi, kita juga memberikan  sertifikat pelatihan untuk seluruh peserta,  sebagai ucapan terimakasih telah menghadiri Pelatihan Pemrograman Website dengan tema “Buka Pintu Menuju Karir Yang Penuh Potensi Dan Peluang Dengan Belajar Web”

 

vera/juni23