Puluhan Pelaku UMKM Koperasi Anggrek Jaya Pangkah Ikuti Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Minyak Jelantah

Puluhan Pelaku UMKM Koperasi Anggrek Jaya Pangkah Ikuti Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Minyak Jelantah

TEGAL – Digitech University (UTD Tegal) menggelar Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Minyak Jelantah untuk pelaku UMKM Koperasi Anggrek Jaya Pangkah, Jumat (16/6/2023) di ibu Suharni salah satu anggota Koperasi  Anggrek Jaya Pangkah , Alamat dukuh Benda RT 05 RW 02 Desa Pangkah. Acara  ini diikuti 50 peserta dari Kabupaten Tegal.

Sosialisasi Minyak Jelantah  yang bekerja sama dengan Koperasi Anggrek Jaya  ini menghadirkan nara sumber Fitriasih, S.Kom selaku dosen  Digitech University dan Aries Setyani Wahyu Prasetyawati, S.P., M.M. selaku Kajur Manajemen Informatika  Digitech University . Fitriasih, S. Kom mengatakan minyak jelantah bisa bermanfaat sebagai bahan pengganti sebagian bahan baku crude palm oil (CPO) atau sawit dalam program biodiesel di Indonesia. Langkah ini, bisa kurangi limbah ke lingkungan hidup, berikan manfaat ekonomi, baik untuk kesehatan, dan pengurangan emisi gas rumah kaca hingga mendukung pembangunan daerah.

“Minyak jelantah dapat diolah masyarakat, maka dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan mereka dan penanggulangan kemiskinan di perkotaan. Meski begitu, masih ada tantangan besar pemanfaatan minyak jelantah termasuk proses pengumpulan, tranportasi, pengolahan dan standardisasi kualitas biodiesel minyak jelantah.,” kata Aries Setyani Wahyu Prasetyawati, S.P., M.M.

Selain itu acara juga diisi dengan pengenalan kampus. Bapak Jarot Rudi Hartato, S.Pd. selaku Humas mengatakan “Alhamdulillah Ibu-ibu Koperasi UMKM Anggrek Jaya antusias dengan program Tri Darma dan PMB 2023 DIGITECH University”.

 

Vera(Juni 23)

#umkm #semakinmaju #pengabdianmasyarakat #digitechuniversity