Pelatihan Sablon Untuk Mahasiswa UTD PSDKU Tegal

Pelatihan Sablon Untuk Mahasiswa UTD PSDKU Tegal

Pelatihan sablon  yang dilaksanakan pada hari Minggu, 20 November 2022 bertujuan sebagai sarana menyediakan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas produktivitas anak muda yang ditujukan sebagai pengurangan pengangguran.

Mengurangi pengangguran disertai peningkatan kualitas mahasiswa adalah tujuan yang lebih luas lagi dari pelatihan sablon ini. Seperti dikatakan Ketua UMW (Unit Mahasiswa Wirausaha)  dalam sambutannya.

“Meningkatkan kualitas mahasiswa dan memberdayakannya sebaiknya melalui pemberian ilmu dan pengetahuan sebagai kail dan pancingannya. Tidak langsung menyuapi ikan nya agar mahasiswa terlatih menjalankan prosesnya.”

“Kami juga berharap setelah mahasiswa menyelesaikan pelatihan sablon ini, dapat membuka usaha sablon sendiri baik di tempat usaha yang dimiliki atau di rumah masing-masing. Dan berharap mahasiswa dapat meng-upgrade ilmunya setiap ada kesempatan untuk belajar.” Tambah Ibu Aries Setyani Wahyu Prasetyawati S.P.,M.M. selaku Ketua UTD PSDKU Tegal.

Dalam pelatihan sablon dasar ini, semua peserta diberikan materi yang beragam dengan teknik sablon manual. Teknik sablon manual ini sengaja diberikan kepada para peserta tidak hanya melatih keahlian saja tetapi melatih kedisiplinan, keuletan dan konsistensi. Jika diberikan pelatihan manual, ke depannya peserta akan siap untuk menjalani proses yang lebih besar dengan mesin moderen.

Pelatihan sablon manual diselenggarakan UMW UTD PSDKU Tegal

Peserta diberikan teori dan praktik sablon dengan materi yang disesuaikan dengan keadaan masa kini. Misalnya, memasukkan unsur design grafis dan dipraktikkan dengan berbagai macam media peralatan sablon yang disediakan.

Pelatihan sablon ini terselenggara berkat hasil musyawarah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melalui UMW. Mahasiswa banyak yang mengusulkan pelatihan sablon dan usulan dipenuhi.

Sebagai kampus yang sedang berkembang, UTD PSDKU Tegal konsen dalam penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Maka dari itu, dalam pelatihan ini didatangkan mentor dan instruktur yang kompeten dalam bidangnya. Sehingga mahasiswa dapat belajar dari orang yang tepat dan penuh totalitas.

Ketua UTD PSDKU Tegal, Aries Setyani Wahyu Prasetyawati S.P.,M.M. pun sangat mendukung upaya peningkatan sumber daya mahasiswa melalui pelatihan sablon ini. Karena aspirasi mahasiswa lebih penting maka usulan pelatihan sablon ini menjadi prioritas kegiatan yang dimasukkan dalam anggaran 2022

“Semoga pelatilan sablon ini sebagai salah satu upaya dalam penurunan pengangguran di Kabupaten Tegal. Diharapkan juga banyak pelatihan lain yang diminati mahasiswa sehingga keahlian beragam dan mahasiswa mempunyai aktualisasi diri yang tak hanya bergantung pada sektor formal.” Pungkas Aries Setyani Wahyu Prasetyawati S.P.,M.M.

Peningkatan sumber daya mahasiswa yang dilakukan di setiap kampus tak harus bergantung pada sektor formal. Mahasiswa wajib dididik untuk mandiri, kreatif dan inovatif dalam mencari peluang serta meningkatkan kualitas hidupnya. Langkah yang dilakukan oleh Kampus UTD PSDKU Tegal dapat menjadi teladan bagi pihak yang ingin memberdayakan mahasiswanya.

Pelatihan tak harus selalu menggunakan teknologi tinggi, jika ditekuni, teknik manual pun tak kalah dalam mendatangkan potensi. Teknik manual bisa menjadi ajang penjalanan proses dan penguasaan ilmu lebih dalam.

 

(VER)

20 nov 22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *