WEBINAR STRATEGI MARKETING BISNIS DI ERA DIGITAL

WEBINAR STRATEGI MARKETING BISNIS DI ERA DIGITAL

Program Studi Manajemen Informatika  Universitas Teknologi Digital (UTD)  sukses menggelar webinar mengusung tema “Strategi Marketing Bisnis Di Era Digital”.

Webinar ini dilaksanakan pada Minggu (28/5) secara daring melalui Zoom, dengan menghadirkan dua narasumber yang luar biasa yaitu Muhammad Arif Rahmat S.HI selaku Owner Kampung Kaleng & Cerified Life Coach dan Erning Yudhawati,S.Pd selaku Owner Digitclas Academy & Digital Marketing Expert.

Webinar itu diikuti oleh 156 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) juga masyarakat umum .

Aries Setyani Wahyu Prasetyawati, S.P., M.M. selaku Kaprodi Manajemen Informatika UTD sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, webinar yang diadakan kali ini sebagai tugas mata kuliah Komunikasi Bisnis.

Pada kesempatan yang sama, narasumber Muhammad Arif Rahmat S.HI menyampaikan bahwa peran digital marketing sangat penting untuk perdagangan atau industri. Nyatanya, banyak UMKM yang bisa memproduksi namun tidak bisa memasarkan.

“Melalui digital marketing, pelaku usaha bisa menjual barangnya secara massif.  Oleh karena itu pada saat ini digital marketing adalah sebuah kebutuhan,” katanya saat memberi materi, Minggu (28/5).

Hadir pula dalam kegiatan webinar ini, Erning Yudhawati,S.Pd yang juga pendiri Digitclas Academy & Digital Marketing Expert.

Menurutnya, agar UMKM dapat memasarkan produknya di pasar luar negeri, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris dalam kemasan produk agar konsumen dapat memahami informasi terkait dengan produk yang dijual.

“Penting bagi sebuah produk, bahwa dalam kemasan perlu tertulis dalam bahasa internasional yakni bahasa Inggris, agar produk-produk yang dipasarkan ke luar negeri dapat secara detail terbaca oleh konsumen luar,” jelasnya.

Sementara itu, Erning Yudhawati,S.Pd sebagai narasumber  menyebutkan, salah satu keuntungan dari pemanfaatan digital marketing bagi UMKM, khususnya pemula yakni menekan biaya promosi.

“Saat ini UMKM harus benar-benar belajar dan memiliki cara-cara yang baru agar bisnis yang dibangunnya dapat berjalan lancar dan bertahan di saat yang sulit sekalipun,” tandasnya.

Selanjutnya, Muhammad Arif Rahmat S.HI menegaskan bahwa, peran digital marketing di era teknologi saat ini sangat mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat. Terlebih lagi dunia perdagangan, peran ilmu pengetahuan di bidang bisnis dan teknologi digital sangat penting dalam membantu mewujudkan segala tujuan dan sasaran yang akan dicapai.

“Digitalisasi memiliki peran yang cukup penting saat ini, siapa yang tidak mengikutinya maka bersiap untuk tergerus oleh zaman. Sebab, di era ini semua sektor kehidupan masyarakat sudah menggunakan teknologi di bidang digital. Dengan begitu, tentunya, dunia pendidikan dan dunia industri wajib bersinergi untuk saling mengisi demi mewujudkan stabilitas ekonomi yang kian baik,” papar Muhammad Arif Rahmat S.HI.

Melengkapi  narasumber sebelumnya, Erning Yudhawati,S.Pd menambahkan bahwa dalam mewujudkan sinergisitas bidang digital marketing, Prodi Manajemen Informatika UTD sudah menyiapkan beberapa konsep dalam membangun rencana dan wacana. Hal itu agar masyarakat dan mahasiswa UTD khususnya, dapat mengambil peran yang cukup penting untuk meningkatkan skill dan keahlian.

“Sehingga, diharapkan dengan ilmu pengetahuan di bidang digital marketing ini, mahasiswa Prodi Manajemen Informatika dapat membantu UMKM dalam meningkatkan strategi bisnisnya,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Mudriyah salah satu peserta webinar mengungkapkan bahwa webinar digital marketing ini sangat baik dan menambah pengetahuan juga wacana bagi UMKM.

“Webinar ini sangat baik di  mana UMKM dapat menggunakan pemasaran produknya secara digital untuk dapat mencakup jangkauan global dalam memasarkan bisnisnya. Ini menjadi langkah efektif untuk para pelaku UMKM ya,” ungkapnya.

 

ver/mei 23