Seminar Digital Marketing

Seminar Digital Marketing

Minggu, 12 Maret 2023 pukul 09.00 – 12.00 Mahasiswa semester 4 kelompok 2 mengadakan kegiatan Seminar Digital Marketing dengan tema: “Explore Your Skill and Start Your Business”.
Seminar ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu

1. Fadil Aditya Edwin
(Digital Marketer & Founder Kampusmarketing.com)

2. Rahmat Faisal
(Digital Marketing Specialist Bersertifikasi & CEO PT. RFV )

Fadil Aditya Edwin menjelaskan tentang mental, pola pikir, dan perilaku digital di mana pelaku usaha harus dapat mengubah mental mereka, membangun pola pikir, dan akhirnya menjalankan pola pikir baru. Sehingga yang diperlukan dalam era digital ini ialah identitas digital, belajar dan mentoring online, berjualan online, dan permodalan fintech. Fadil Aditya Edwin juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan usaha kita perlu memiliki dasar ilmu entrepreneurship yang selanjutnya perlu memperhatikan branding, merek, dan kemasan. Kemudian di akhir, pelaku usaha harus memiliki Business Plan untuk meraih omset usaha yang diharapkannya.

 

Rahmat Faisal memaparkan materi berjudul EKSKLUSIF WEBINAR JAGO DIGITAL MARKETING. Beliau menyampaikan bahwa apa yang kita tawarkan kepada konsumen bukan hanya sekedar produk, namun juga harus menawarkan experience untuk konsumen. Suatu bisnis dapat berkembang apabila pelaku usaha menawarkan experience pada digital maketing mereka. Lalu Rahmat Faisal juga menyampaikan, dalam pelaksanaannya pelaku usaha harus melihat apakah strategi yang sudah dibuat sesuai dengan target konsumen atau tidak.

 

Dan kesimpulannya tentang bagaimana agar digital marketing yang dilakukan dapat sesuai dengan target konsumen kita. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah megenali siapa yang menjadi konsumen kita dengan melalui identifikasi buyer personalgoals, buying process dan komponen lainnya. Setelah itu dilakukan analisis menggunakan Customer’s Journey sehingga nanti kita dapat menentukan konten marketing yang akan dibuat agar sesuai dengan target.

 

Seminar Digital Marketing berlangsung dengan lancar dan menarik. Sekitar 125 peserta yang merupakan mahasiswa UTD dan peserta lainnya hadir pada kegiatan ini, para peserta juga secara aktif mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Seminar Digital Markering dibuka oleh Aries Setyani Wahyu Prasetyawati S.P., M.M.  (Ketua Jurusan  Fakultas Manajemen Informatika UTD PSDKU Tegal) dan dimoderatori oleh Ainun Nisa (Mahasiswa semester 4 Fakultas Manajemen Informatika UTD PSDKU Tegal).

ver/15mar